Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Daftar Pilihan Mobil Offroad Bagi Pemula | Offroad Jepara 4WD

Offroad Jepara 4WD - Memiliki kendaraan 4x4 merupakan sebuah impian bagi seorang petualang yang ingin merasakan kenikmatan hidup di alam bebas. Spesifikasi kendaraan 4x4 diperlukan agar mobil bisa melalui jalur yang extreme secara aman di perjalanan. Kondisi geografis indonesia memang cocok untuk digunakan berpetualang karena terdiri dari daerah pegunungan yang luas. Sehingga kendaraan 4x4 dibutuhkan di Indonesia baik itu untuk kegiatan berpetualang maupun kegiatan sosial kemanusiaan.

Bagi masyarakat yang hendak menentukan pilihan mobil offroad yang cocok sesuai budget dan pertama kali belajar offroad perlu dipertimbangkan agar spesifikasi kendaraan sesuai dengan kemampuan kita serta bisa melakukan berbagai modifikasi offroad yang sesuai selera.

Berikut 5 daftar pilihan mobil offroad bagi offroader pemula :

1. Suzuki Jimny

Dipilihan pertama ialah Suzuki Jimny. Suzuki jimny merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia dalam kegiatan offroad. Apa yang membuat suzuki jimny populer ? salah satu yang membuatnya populer ialah memiliki mesin yang tangguh, resparasi yang mudah serta dapat sparepart yang mudah dicari, selain itu pilihan modifikasinya juga beragam. Dengan bekal tenaga mesin 1000 cc kendaraan ini cukup badak dalam melewati obstacle offroad. sehingga kendaraan ini menjadi pilihan pertama yang perlu dipertimbangkan.

Suzuki jimny memiliki banyak variasi yang dapat teman teman offroader pilih diantaranya Jimny Jangkrik,  Jimny Trepes, Jimny Sierra, Jimny Carribian, Jimny Samurai serta sampai varian yang terbaru yaitu Jimny JB74. Selain Jimny ada juga suzuki Katana yang dapat teman tentukan. Harga Suzuki Jimny dapat didapatkan mulai harga 40 jutaan  tergantung spesifikasi kendaraan yang diinginkan. Alangkah baiknya jika teman teman offroader memilih Suzuki Jimny yang sudah memiliki spesifikasi 4x4 agar tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya modifikasi.

2. Suzuki Vitara

Selain Suzuki Jimny, salah satu SUV yang cocok untuk kendaraan offroad berikutnya ialah Suzuki Vitara. Jenis Suzuki Vitara sering digunakan dalam offroad ialah JX dan JLX. Kendaraan ini memiliki wheelbase yang lebih panjang dibandingkan suzuki jimny serta kapasitas penumpang lebih banyak, sehingga bisa mengajak keluarga ketika offroad. Suzuki Vitara dibekali dengan tenaga sebesar 1.600 cc sehingga dengan mesin karburator G16A SOHC 8 dan G16B SOHC 16.

Suzuki vitara merupakan varian yang tua dibandingkan dengan penerusnya yaitu Suzuki Escudo dan Suzuki Sidekick. Meskipun memiliki bentuk body yang sama, kendaraan tersebut memiliki perbedaan yang sangat mencolok.Kendaran ini memiliki jenis gardan depan IFS ( Independent Front Suspension ) yang perlu diupgrade ke Solid Axle agar bisa melahap track offroad yang extreme, meskipun memiliki gardan IFS kendaraan ini cukup nyaman digunakan untuk offroad. Suzuki vitara dibandrol dengan harga mulai 75 jutaan.

3. Daihatsu Taft GT

Kendaraan offroad selanjutnya ialah Daihatsu Taft GT. Kendaraan ini memiliki wheelbase yang hampir sama dengan Suzuki Jimny, sehingga gesit ketika melewati jalur offroad yang sempit. Taft GT memiliki mesin standar yang cukup untuk digunakan untuk offroad dengan mesin diesel 2.800 cc. Namun sebelum digunakan untuk offroad taft GT perlu upgrade kaki kaki yakni memilih ban offroad jenis MT ukuran 31 dan meninggikan suspensi. 

Daihatsu Taft memiliki beberapa generasi selain Taft GT yaitu Taft Kebo Bensin, Taft Kebo Diesel, Taft GT Rocky, Taft GT Hilline dan Daihatsu Taft Independent. Kendaraan ini dibandrol mulai harga 50 Jutaan. Suku Cadang Taft GT sangat melimpah sehingga offroader dapat memodifikasi kendaraan sesuai dengan selera.

4. Jeep Willys

Jeep willys di Indonesia mulai populer pada tahun 1945 karena digunakan sebagai kendaraan militer. Kendaraan Jeep Willys mengusung mesin M38A1 empat silinder 60 Tk dengan transmisi manual tiga percepatan, dan dua percepatan transfercase belakang. Meskipun kendaraan ini memiliki history yang kuat serta sebagai kendaraan koleksi. Kendaraan ini sangat tangguh dimedan di medan offroad karena diciptakan sesuai peruntukannya. Salah satu yang perlu di Upgrade ketika akan membeli kendaraan ini untuk offroad ialah pada mesin dan kaki kaki ( meliputi ban, suspensi dan gardan ) agar semakin tangguh digunakan untuk offroad. 

Selain itu Jeep Willys juga memiliki wheelbase yang pendek sehingga mudah dikendalikan saat melewati medan terjal dan memiliki bobot yang ringan. Untuk teman teman offroader dapat memodifikasi kendaraan offroad ini dengan varian jeep klasik maupun offroad extreme. Jeep Willys dibandrol dengan harga mulai 100 Jutaan tergantung spesifikasi yang diinginkan.

5. Toyota Land Cruiser

Dikelas yang lebih tinggi kendaraan yang dapat digunakan untuk offroad adalah Toyota Land Cruiser atau yang sering kita sebut dengan Hardtop. Toyota Land Cruiser memiliki tenaga sebesar 3000 - 4.200 cc pada mesin bensin maupun diesel. denganbody yang gagah kendaraan layak dimiliki oleh kaum muda maupun tua. Kenapa disebut Toyota Land Cruiser Hardtop ? karena kendaraan ini memiliki atap yang keras (bukan kanvas ). Kendaraan memiliki mesin dan kaki kaki yang bandel saat digunakan untuk offroad di segala medan meskipun memiliki usia yang tua. Hardtop telah dilengkapi dengan 4x4, Sehingga siap digunakan untuk offroad.

Kendaraan ini merupakan incaran para kolektor mobil karena memiliki body yang kekar dan kokoh serta memiliki segi historis yang sangat kuat. Kendaraan ini dapat dimiliki mulai harga 300 Jutaan.

Gimana sahabat offroader jenis mobil offroad mana yang akan pilih untuk memulai dunia offroad. Tentunya disesuaikan keinginan dan budget yang dimiliki teman teman. Nah pada artikel selanjutnya apa saja modifikasi offroadyang perlu dilakukan ketika pertama memiliki mobil offroad.

Post a Comment for "5 Daftar Pilihan Mobil Offroad Bagi Pemula | Offroad Jepara 4WD"