Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Jenis Tenda Ini Cocok Digunakan Untuk Offroad Camp di Hutan

Offroad Jepara 4WD - Camping di hutan telah menjadi kegiatan wajib bagi seorang offroader ketika berpetualang baik kegiatan country road offroad maupun ekspedisi offroad. Biasanya offroader akan memilih start offroad ketika menjelang sore hari karena sensasi offroad malam hari akan berbeda dengan offroad disiang hari yakni adrenalin dan penguasaan medan yang lebih berat karena terbatasnya pandangan. Namun offroad dimalam hari juga perlu kesiapan tempat untuk beristirahat ketika engine off.


Beberapa offroader sering menggunakan alas terpal saja untuk beristirahat namun tak jarang juga yang mengunakan tenda untuk menghindari cuaca hujan. kali ini Offroad Jepara 4WD akan memaparkan jenis jenis tenda yang biasanya digunakan oleh offroader ketika beroffroad.

4 Jenis Tenda Ini Cocok Digunakan Untuk Offroad Camp di Hutan

1. Tenda Dome

Tenda yang satu ini paling sering digunakan ketika camping fun maupun camping extreme digunakan. Namun tak jarang tenda ini juga digunakan oleh offroader untuk camping. Tenda dome memiliki ukuran yang praktis dibawa kemana mana dan memiliki bobot yang ringan. Tenda ini berbentuk kubah dengan bahan Polyester dengan alas terpal ataupun yang lainya.

Salah satu tips memilih tenda jenis ini ialah pilihlah tenda yang berjenis double layer agar ketika hujan tenda tidak mengalami kondensasi serta lengkapi dengan alas tenda yang baik agar alas tidak mudah robek. Namun kekurangan  tenda ini ialah alas yang mudah rembes, tidak bisa digunakan ketika di tanah berlumpur dan banjir. Tenda ini dapat dimiliki mulai harga 500 ribuan tergantung merk dan type yang akan digunakan.

2. Tenda Hammock


Hammock Tent merupakan bentuk inovasi ayunan hammock yang sering digunakan oleh pendaki gunung. Tenda jenis ini memiliki keunggulan bisa digunakan dalam keadaan tanah lumpur atau basah karena cara memasangnya digantung dengan pohon ataupun roll bar mobil. Keunggulan selanjutnya ialah tenda ini sangat ringan dibandingan tenda karena tidak memerlukan frame/rangka untuk memasangnya cukup diikat, kemudian mudah dibawa kemana mana dan lebih mudah terhindar dari hewan melata. 


Namun tenda jenis ini juga memiliki kekurangan yakni ukuran yang pas dengan badan jadi kita tidak bisa banyak bergerak, hammock tent harus disesuaikan dengan berat badan agar mampu menopang badan kita, selain itu hammock tent juga kadang membuat seseorang dapat mengalami sakit leher aatau punggung serta memiliki resiko jatuh. 


Namun dari berbagai kelebihan dan kekurangan yang ada hammock tent layak dimiliki oleh seorang offroader. Tenda ini dapat dimiliki mulai harga 200 ribuan.

3. Tenda Velbed

Velbed merupakan tempat tidur lipat yang mudah dibawa kemana mana. Sehingga muda digunakan dalam keadaan darurat Velbed biasanya digunakan pada kegiatan kebencanaan, perkemahan dan pengungsian. Tenda Velbed dapat digunakan sebagai tempat peristirahatan untuk melindungi dari cahaya panas dan, cuaca hujan dan angin kencang. 


Tenda Velbed memiliki beberapa keunggulan yakni dapat dipasang diberbagai tempat meskipun dalam keadaan tanah lumpur atau air mengalir, memiliki bentuk yang minimalis dan luas, menghindari dari gangguan serangga atau hewan melatas serta terhindar dari tanaman berduri. Namun tenda ini memiliki kekurangan yakni ukuran Velbed yang besar sehingga memakan temapt penyimpanan, memiliki bobot yang sedikit berat yakni lebih dari 10 Kg dan memerlukan waktu dalam memasangnya karena harus memasang velbednya dulu kemudian baru mendirikan tendanya. Tenda jenis ini dapat didapatkan mulai harga 1,5 Jutaan.

4. Rooftop Tent

Jenis rooftop tent 



Post a Comment for "4 Jenis Tenda Ini Cocok Digunakan Untuk Offroad Camp di Hutan"