Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Jenis Format SCS Racing Adventure Offroad di Indonesia, Nomor 3 Paling Seru dan Menantang

Jenis jenis racing adventure offroad yang sering digunakan di Indonesia. @offroadjepara

offroadjepara.com - Kejuaraan nasional IOF NC Racing Adventure 2023 telah dimulai sejak bulan maret lalu di Magelang. Kejurnas yang bakal digelar selama 5 seri ini telah menggunakan berbagai format balapan yang sering digunakan di Indonesia.

Racing Adventure Offroad merupakan bentuk kejuaraan offroad 4x4 yang dirancang melintasi track yang telah dibuatr secara khusus serta penilaian waktu tercepat dan bebas penalti. lintasan track khusus tersebut diberi nama SCS ( Special Competition Stage) yang memiliki total jarak 2,4 - 10 Km. Setiap kejuaraan racing adventure minimal memiliki 4 SCS setiap putarannya.

Lintasan Racing Adventure dirancang untuk mengasah kemampuan Off-Roader dalam menaklukkan rintangan-rintangan antara lain berupa curve (tikungan), jumping, jalan menanjak/menurun, jalan dengan kemiringan ekstrim, memiliki variasi trek lurus, serta lain-lainnya yang tentunya rintangan tersebut dibuat tanpa adanya jebakan dan lintasan Racing Adventure dapat dipelajari oleh peserta beberapa hari atau sebelum perlombaan berlangsung.

Berikut 3 Jenis Format SCS Racing Adventure Offroad yang sering digunakan di Indonesia yang telah dirangkum oleh admin offroadjeparadotcom :

3 Jenis Format SCS Racing Adventure Offroad di Indonesia :

1. Pita Line

Ilustrasi track SCS Racing Adventure menggunakan format Pita Line. @offroadjepara

Kejuaraan racing adventure yang berformat SCS pita line merupakan kejuaraan yang mana 1 kendaraan offroad 4x4 menempuh lintasan SCS dengan waktu tercepat yang lintasannya dibatasi dengan pita line warna kuning/merah disebelah kanan dan kiri lintasan. Setiap lintasan akan diberikan beberapa macam handycap ataupun rintangan yang harus ditaklukan oleh offroader.

Biasanya lintasan yang menggunakan pita line memiliki lebar lintasan 4 - 6 meter. Setiap peserta yang melewati atau memutuskan pita lintasan akan diberikan hukuman pinalti.

2. Sistem Gate

Ilustrasi track SCS Racing Adventure menggunakan format Gate. @offroadjepara
Sistem Gate pada lintasan SCS kejuaraan racing adventure offroad merupakan lintasan SCS yang dilewati oleh 1 kendaraan offroad 4x4 yang harus memasuki beberapa gate yang telah disediakan. 

Menariknya, sistem gate ini offroader dapat memilih sendiri racing line tercepat dengan ketentuan urutan gate harus urut dan tidak terlewat. Setiap ada gate yang tidak urut atau terlewat maupun menabrak gate/pita akan dikenakan hukuman pinalti.

Sama seperti sebelumnya, track lintasan SCS dengan sistem gate memiliki beberapa rintangan yang harus ditaklukan oleh peserta dengan sistem penilaian waktu tercepat dan bebas penalti. Biasanya sistem gate menggunakan huruf abjad dengan background warna kuning dan merah.

3. Soda Racing Offroad

Ilustrasi track SCS Racing Adventure menggunakan format Soda Racing. @offroadjepara
Soda Racing merupakan format balapan offroad yang mana setiap SCS akan diisi oleh  2 - 3 kendaraan offroad 4x4 yang menempuh lintasan dengan handycap tertentu. Soda racing setiap offroader harus menyelesaikan 3 lap balapan yang terdiri dari 2 lintasan biasa dan 1 lintasan joker.

Kejuaraan soda racing diambil dari offroader yang menempuh lintasan dengan waktu tercepat dan bebas dari hukuman penalti. Menariknya pada SCS soda racing akan menjadi ajang adu kendaraan 4x4, mengingat 2-3 kendaraan akan saling salip menyalip di track.

Keseruan SCS berformat pita line, sistem gate dan soda racing dapat teman teman saksikan pada ajang Kejuaraan IOF National Championship 2023 Racing Adventure Non Winch yang digelar dibeberapa kota di Indonesia, diantaranya :
  • Round 1 Magelang, 2 - 4 Maret 2023
  • Round 2 Tegal, 19 -21 Mei 2023
  • Round 3 Gresik, 2 - 4 Juni 2023
  • Round 4 Bandung, 7 - 9 Juli 2023
  • Round 5 Sleman, 25 - 17 Agustus 2023

Selalu update info offroad terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari offroadjepara.com di kanal Telegram “Offroad Jepara 4WD”. Klik https://t.me/offroadjeparaa untuk bergabung. Anda perlu meng-instal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Post a Comment for "3 Jenis Format SCS Racing Adventure Offroad di Indonesia, Nomor 3 Paling Seru dan Menantang"